Wednesday, September 10, 2014

Cara Membuat Aplikasi Game Sederhana Menggunakan GreenFoot

Tags



Cara Membuat Aplikasi Game Sederhana Menggunakan GreenFoot - Hai Teman-teman disini saya saya akan berbagi ilmu tentang Cara membuat aplikasi game sederhana dengan menggunakan GreenFoot,Tapi sebelum kita mulai bagaimana cara membuat gamenya,alangkah baiknya kita mengetahui apa itu GreenFoot.

GreenFoot adalah perangkat lunak yang didesain untuk pemula agar dapat terbiasa dengan pemrograman berorentasi objek,yang mendukung pengembangan aplikasi bergambar dengan memakai bahasa pemrograman Java.

pasti teman-teman semua udah nggk sabar ya,oke sobat langsung aja,tp sebelumnya saya akan memberitahu scenario dari game yang akan kita buat “ ada seekor kepik yang sedang hinggap di dahan pohon tiba-tiba dari langit turun banyak sekali kue pie. Karena lapar kepik memakan kue pie itu. Setiap kali makan satu pie itu kepik akan mendapatkan 1 poin. Tapi disatu sisi ada laba-laba yang turun juga yang ternyata laba-laba tersebut beracun. Jika tersentuh laba-laba tersebut maka kepik akan mati atau game over. Selain itu jika pie itu tidak berhasil dimakan oleh kepik lalu jatuh ke tanah maka akan game over “.

1. Bukalah aplikasi Greenfoot
maka akan muncul tampilan seperti ini.






2. Buatlah sebuah scenario baru. Caranya; Scenario => New => Nama Objek


















Kemudian akan muncul kotak dialog, dimana teman-teman akan menyimpan diamana hasil kerja teman-teman.





3. Buatlah sebuah sub class di class word dengan cara klik kanan lalu pilih new subclass. lalu akan muncul jendela baru untuk memasukkan nama kelas. saya memberikan nama latar (perhatikan huruf besar dan kecilnya, karena pada pemrograman java bersifat case sensitive artinya huruf besar dan kecil sangat berpengaruh).



Akan muncul kotak dialog;




Pilih background yang teman-teman sukai, kalau saya sendiri ngambil dari google yang ada gambar pohonnya kemudian jangan lupa untuk memberikan nama class. Kemudian pilih OK. Untuk melihat hasilnya, klik compile maka akan tampil background yang dipilih tadi.
Klik kanan pada latar kemudian pilih open editor, maka akan tampil kode program class word dalam hal ini latar.



Ketikkan syntaks berikut :
public latar()
{
super(900, 500, 1);
}
code program ini "super(900,500,1)". Perintah ini digunakan untuk membuat ukuran layar dengan panjang 900 x tinggi 500 dengan ukuran cell 1 x 1.

4. Sekarang kita akan membuat Subclass Actor.










Disini untuk memasukkan gambar diatas, pilih import from file kemudian pilih gambar sesuai tema. setelah itu, klik gambar tersebut kemudian jangan lupa untuk mengisikan nama class. berikut tampilan depan



5. Menempatkan objek dalam subclaass latar. Klik kanan pada latar kemudian pilih open editor.


Masukkan syntax dibawah sytaks membuat background/latar;

setPaintOrder(counter.class, kepik.class, pie.class);
      addObject(new kepik(), 200,250);
      addObject(new pie(),700,30);
      addObject(new spider(),500,30);
      addObject(skor,80,400);




6. Compile dan jika tidak ada kesalahan syntax lihat apa yang terjadi pada subclasslatar.



7. Mengatur gerak aktor dengan Mouse

Masukkan syntaks berikut ke dalam actor kepik ;

if(Greenfoot.mouseMoved(null)) {
MouseInfo mouse = Greenfoot.getMouseInfo();
setLocation(mouse.getX(), mouse.getY());
}


Tekan compile dan pastikan syntax yang teman buat sudah sesuai, jika tidak terjadi kesalahan maka akan muncul tulisan Class compiled-no syntax error.


8. Setelah itu mengatur gerak kue secara random

Masukkan syntax berikut ke dalam actor pie ;

public void act()
{
int x = getX();
int y = getY();
setLocation(x, y + 1);
if (getY() ==499) //untuk pie dapat turun ke bawah
{
setLocation(getX(),0);
}
}

Masukkan syntax berikut pada latar pada public void act;

if(Greenfoot.getRandomNumber(100) < 2) { //untuk pie dapat random/ acak
addObject(new pie(), Greenfoot.getRandomNumber(700), 10);
}


9. Mengatur gerak spider atau musuh kepik
Masukkan syntax berikut ke dalam actor spider ;

public void act()
{
int x = getX();
int y = getY();
setLocation (x, y + 1);
if (getY() ==499) //untuk spider dapat turun kebawah
{


setLocation(getX(),0);
}
}

Masukkan syntax berikut pada latar pada public void act;

if(Greenfoot.getRandomNumber(700) < 1) { //untuk spider dapat random/acak
addObject(new spider(), Greenfoot.getRandomNumber(500), 10);


}

10. Setelah itu kita akan buatlah point. Yaitu apabila kepik makan kue pie maka akan medapat poin satu.
Masukkan syntax berikut kedalam actor kepik di dalam void act ;

pie a= (pie)getOneIntersectingObject(pie.class); //untuk pie dapat hilang ketika dimakan


if (a!=null)

{
((latar) getWorld()).tambahNilai();
Greenfoot.playSound("pop.wav"); //untuk menambahkan suara
getWorld().removeObject(a);
return;
}

//untuk sound bisa diambil dari folder greenfoot yang berada di direktori C:\
Kemudian masukkan syntax berikut pada latar dipaling atas setelah komentar:

counter skor = new counter ("Skor : ");
public void tambahNilai()
{
skor.tambah(1);
}

Masukkan syntax dibawah ini di actor counter :


import greenfoot.*; //letakkan dipaling atas sebelum komentar
import java.awt.Font;
import java.awt.Color;
private int angka = 0;
private int target = 0;
private String huruf;
private int panjangHuruf;
public counter( String depan )
{
huruf = depan;
panjangHuruf = (huruf.length() +2) *16;
setImage (new GreenfootImage(panjangHuruf,24));
GreenfootImage gambar = getImage();
Font jenisHuruf = gambar.getFont();
gambar.setFont(jenisHuruf.deriveFont(24.0F));

gantiGambar();
}
private void gantiGambar()
{
GreenfootImage gambar = getImage();
gambar.clear();
gambar.setColor(Color.RED);
gambar.drawString(huruf + angka, 1, 18);
}
public void tambah (int skor)
{
target += skor;
}
public int nilaiAkhir()
{
return angka;
}
public void act()
{
if (angka < target)
{
angka++;
gantiGambar();
}
}

11.selanjutnya kita akan membuat untuk mencetak skor pada papan skor.


Masukkan syntax berikut pada actor papanskor:

import greenfoot.*;
import java.awt.Color;
import java.awt.Font;
import java.util.Calendar;
public class papanskor extends Actor
{
public static final float besarhuruf = 48.0f;
public static final int lebar = 500;
public static int tinggi = 300;
public papanskor(int skor)
{
bikinGambar("Game Over","Skor Akhir : ", skor);
}
private void bikinGambar(String judul, String depan, int skor)
{
GreenfootImage gambar = new GreenfootImage(lebar,tinggi);
gambar.setColor (new Color (25, 5, 74, 160));
gambar.fillRect(0,0, lebar-10, tinggi -10);
Font font = gambar.getFont();
gambar.setColor(Color.GREEN);
gambar.drawString(judul,60, 100);
gambar.drawString(depan+skor,60,200);
setImage(gambar);
}

Masukkan syntax berikut pada latar :

public void selesai()
{
addObject(new papanskor(skor.nilaiAkhir()), 450,250);
Greenfoot.stop();
}


12. kemudian kita tinggal membuat gameover, yaitu ketika kepik menyentuh spider atau kue pie jatuh ke tanah.


Masukkan syntax di actor kepik :

spider spider=(spider)getOneIntersectingObject(spider.class);
if(spider !=null)
{
setImage("skull.png");
setRotation(0);
Greenfoot.playSound("buzz.wav");
getWorld().removeObject(spider);
Greenfoot.stop();
((latar) getWorld()).selesai();
}


Masukkan syntax berikut di actor pie :

setLocation(getX(),getY() +1); //game akan selesai ketika pie menyentuh tanah
if (getY() == 450){
((latar) getWorld()).selesai();
Greenfoot.playSound("buzz.wav");
}


13. Slesai,tingggal jalan kan game nya.,demikian lah cara membuat game sederhana menggunakan Greenfoot,Semoga dengan ilmu yang saya berikan ini bermanfaat bagi teman-teman semua,Makasih ya sudah mau ngunjungi blog saya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon