Saturday, June 7, 2014

Tips dan Trik masuk UGM

Tags

Tips dan Trik masuk UGM




UGM (Universitas Gadjah Mada) adalah salah satu universitas terbaik yang sekarang menduduki peringkat 1 versi webometrics dan peringkat 53 se-Asia.Sehingga banyak orang di seluruh indonesia bahkan luar negri mengincar Universitas ternama ini, sehingga dengan banyaknya peminat dari dalam negri dan luar negri maka persaingan untuk masuk ke Universitas Gadjah Mada Sangatlah sulit,oleh karena itu saya akan mencoba memberikan tips dan trik untuk memudahkan saudara-saudara semua.
1. Ikut Seleksi Masuk Program Sarjana Reguler S1 & Jalur Khusus
Setiap tahun biasanya dibuka penerimaan mahasiswa baru melalui berbagai seleksi penerimaan mahasiswa bari. Biasanya diperuntukkan bagi fresh graduate sma maksimal 3 tahun terhitung sejak lulus sma. Saringan masuk yang harus diikuti cukup ketat seperti SIPENMARU, UMPTN, SPMB, SNMPTN, dan lain sebagainya. Bisa juga masuk melalui jalur khusus sesuai dengan kebijakan kampus negeri masing-masing.
2. Daftar Program Diploma / D3
Program ini biasanya memiliki biaya kuliah yang lebih mahal daripada yang program sarjana S1 reguler, namun lulusannya umumnya tidak kalah kulitas dengan yang reguler pada tingkatannya. Pada program ini ada juga tes seleksi masuknya namun tidak sesulit program reguler.
3. Daftar Program Ekstensi / Extension
Program ini ditujukan bagi mahasiswa lulusan D3 yang ingin melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar sarjana S1. Juga ada tes masuk dan cukup sulit juga untuk program studi favorit.
4. Daftar Prgram Pasca Sarjana S2 / S3
Bagi lulusan S1 dan S2 yang ingin menuntut ilmu lebih dalam atau sekedar mendapat gelar yang lebih tinggi dan bonafid dapat melanjutkan studinya ke program pasca sarjana di perguruan tinggi negeri.

Tips dan Trik Masuk UGM :
  1. Tentunya pertamakali yang harus kita siapkan adalah ilmu,mental,dan niat yang kuat,karena dengan adanya Ilmu ,mental dan niat yang kuat itu sangat membantu kita untuk masuk ke Universitas yang kita inginkan. 
  2. oleh karena itu kita harus belajar dengan sungguh-sungguh untuk menghadapi tes seleksi masuk UGM.
  3. Pilih bidang studi yang tingkat persaingannya sesuai dengan kemampuan kita dan sesuai dengan bakat dan minat kita.
  4. Tidak lupa kita berdoa agar Tuhan memberikan yang terbaik untuk kita.
  5. Latihan juga soal-soal yang pernah keluar di tahun sebelumnya untuk mengetahui jenis-jenis soal tes yang keluar.
  6. Jangan memporsir belajar kita agar kondisi fisik dan mental kita tetap fit dan normal.
  7. Biasakan tidak gegabah / sembrono dalam mengerjakan soal. Jangan sampai lupa menulis nama, nomor tes, kode soal, dll.
  8. Persiapkan alat tulis untuk tes jauh-jauh hari agar tidak stress saat menjelang ujian tes seleksi masuk ptn.
  9. Jangan terlalu fanatik agar jika gagal masuk ptn tidak stres / depresi.
  10. Persiapkan kemungkinan tidak masuk ptn dengan mencari pts sebagai cadangan.

Semoga dengan Tips dan Trik yang saya berikan bisa membantu saudara untuk masuk ke UGM.

Artikel Terkait

2 komentar


EmoticonEmoticon